Keyword 1

Keyword 2

Dusun Open Defecation Free

Potret Deklarasi ODF Dusun

Satu lagi Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dilakukan di Kabupaten Lumajang. Kali ini di wilayah Kecamatan Jatiroto, di wilayah timur perbatasan dengan Kabupaten Jember. Komunitas yang melakukan deklarasi, belum tingkat Desa atau Kecamatan, namun wilayah Dusun. Tepatnya di wilayah Dusun Krajan 1 Desa Kaliboto Lor.

Deklarasi ODF Dusun

Dusun Krajan  ini meliputi 3 wilayah RW dengan jumlah KK mendekati angka seribu. Tentu jumlah yang tidak sedikit, untuk mewujudkan 100% masyarakat telah bebas dari BABS. Tentu diperlukan effort,  inovasi dan koordinasi yang cukup istimewa dari Tim STBM Kecamatan, sehingga deklarasi ini dapat terealisasi.

Berbagai gerak dan usaha diatas, sepertinya tergambar jelas pada acara seremoni Deklarasi ODF ini. Simbah bilang, “deso mowo coro”, begitupun dengan acara ini. Dikemas dengan detail kegiatan yang sangat mencerminkan kekompakan dan ke-swadayaan, acara deklarasi merupakan acara pokok kegiatan “tilik Dusun”. Kegiatan ini didukung penuh oleh seluruh komponen, sehingga Kepala Desa Kaliboto Lor menyampaikan bahwa Kades tidak direpotkan oleh biaya penyelenggaraan. Semua murni sumbangan masyarakat, meja kursi-terob-konsumsi mayarakat dan undangan-pagar ayu-seperangkat sound system-group dangdut plus  penyani-bazar- dan “ubo rampe” lainnya. Sedangkan kegiatan pengobatan massal gratis, murni bantuan Rumah Sakit PG Djatiroto dan IDI.

Ketika memasuki dusun Krajan, suasana semarak segera terasa, dengan berbagai umbul-umbul dan deretan panjang adik-adik murid TK, dengan lambaian bendera merah putih, menyambut undangan yang datang. Sementara di depan pintu masuk acara, berjejer “pager ayu” penerima tamu (diperankan muda-mudi karang taruna desa). Beberapa tamu terpilih (Muspika), secara khusus mendapatkan kalungan untaian melati dari mereka, begitu tiba di tengah acara. Persis prosedur baku ketika suatu kunjungan kenegaraan dilakukan (aku sering menontonnya di TV .. ).

Acara dimulai dengan alunan sensual musik pengiring tari Remo, sebagai tari ucapan selamat datang. Disusul dengan sederet tari kreasi baru yang dibawakan oleh adik-adik murid TK Desa. Selanjutnya hadirin dibuat tertawa lepas ketika tim Reog Ponorogo (juga dibawakan murid TK), menunjukkan kebolehannya, lengkap dengan adegan polos dan spontannya.

Setelah dikumandangkan secara bersama-sama lagu Indonesia Raya, Mars PKK, dan lagu Ibu Kita Kartini, acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan. Acara inti ditutup dengan pembacaan naskah deklarasi ODF oleh perwakilan dan tokoh masyarakat.

Tim STBM Kecamatan dan Kabupaten tentu sangat berharap, Deklarasi Dusun ini, walaupun kecil secara wilayah, akan dapat memotivasi dusun-dusun lain untuk segera bergerak. Tiada kemajuan tanpa kompetisi (begitu slogan JPIP). Dan genderang perang di wilayah Jatiroto sudah berdentang di dusun krajan Desa Kaliboto Lor ini.  Sebagaimana sambutan Kabid P2MPSD, Kabupaten berharap tidak lama lagi akan mendapatkan undangan untuk Deklarasi ODF Tingkat Kecamatan. Amin …

Video lengkap Deklarasi ODF Dusun Krajan Desa Kaliboto Lor Kec. Jatiroto Kab. Lumajang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop Diets

Weight Loss Diet

Blogroll

Recent Posts

About Me

Image and video hosting by TinyPic

    Secara garis besar blog yang sedang anda baca ini berisi beberapa katagori :

    INSPEKSI SANITASI Antara lain berisi checklist indikator dan parameter untuk mengukur dan menilai aspek sanitasi pada berbagai jenis sarana sanitasi.

    SANITARIAN GUIDE Berisi antara lain petunjuk teknis dan berbagai literature yang mendukung tugas dan fungsi Sanitarian maupun Public Health.

  • PUBLIC HEALTH INFO
  • Berisi berbagai informasi public health yang up to date.

  • INFO DIET
  • Berisi informasi diet dan tips hidup sehat lainnya.

    Best Regards

    MUNIF ARIFIN

    Dinkes Kab. Lumajang
    Email : munif.arifin@gmail.com