Keyword 1

Keyword 2

Longest Toilet

Sedongan Terpanjang ?

Tulisan ini mungkin dapat menjadi sekedar renungan. Ketika melakukan tour de rafting bersama teman se bidang, tidak sengaja mata disuguhkan dengan hamparan sarana aktifitas keseharian masyarakat disepanjang sungai yang membentang di alur pinggir jalan yang kami lalui. Sarana itu sebetulnya sudah biasa kami temui di tempat lain, yaitu “sedongan” atau orang bisa bilang “helikopter”.

Sebuah sarana Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) dengan memanfaatkan dan membuat fasilitas diatas sungai.Sebuah pemandangan yang sangat Indonesia gitu  ….  begitu komentar teman di seberang kampung sana …

Namun yang menarik, sedongan yang kami temui ini mempunyai bentuk dan warna yang hampir seragam, dan terkesan sedikit mewah. Ada bannyak pertanyaan disana, tentang asal-usul sedongan itu. Mungkin sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat, mungkin dropping sebuah proyek pengadaan barang dan jasa, atau mungkin sekedar terobosan inovatif masyarakat (local wisdom  …. ?)

 

 

One Response to Longest Toilet

  • sudjarwo says:

    Sedongan, atau helicopter. indah untuk dipandang, tetapi dibalik itu semua, sumber malapetaka, karena kali jadi tercemar, mudah mudahan, kita tidak tertipu oleh keindahan. terbaik adalah, perbarukan tabiat phbs di masyarakat bukan dengan mempromosikan keindahan “sumber pencemaran” tetapi mempromosikan bagaimana hidup bersih dan sehat itu, kan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop Diets

Weight Loss Diet

Blogroll

Recent Posts

About Me

Image and video hosting by TinyPic

    Secara garis besar blog yang sedang anda baca ini berisi beberapa katagori :

    INSPEKSI SANITASI Antara lain berisi checklist indikator dan parameter untuk mengukur dan menilai aspek sanitasi pada berbagai jenis sarana sanitasi.

    SANITARIAN GUIDE Berisi antara lain petunjuk teknis dan berbagai literature yang mendukung tugas dan fungsi Sanitarian maupun Public Health.

  • PUBLIC HEALTH INFO
  • Berisi berbagai informasi public health yang up to date.

  • INFO DIET
  • Berisi informasi diet dan tips hidup sehat lainnya.

    Best Regards

    MUNIF ARIFIN

    Dinkes Kab. Lumajang
    Email : munif.arifin@gmail.com