pencemaran bau air limbah

mengatasi pencemaran air limbah

Pencemaran Bau Pada Air Limbah

CARA MENGATASI BAU PADA AIR LIMBAH

Masalah umum yang ditimbulakan air limbah adalah pencemaran bau. Terdapat metode atau cara cara mengatasi masalah bau ini, antara lain dapat dilakukan secara fisik, kimiawi, maupun biologis (Met Calf and Eddy, 1979).

1). Secara Fisik

Dengan melakukan pembakaran, dimana gas dapat dikurangi melalui pembakaran pada suhu yang bervariasi antara  650 – 750 ºC. Untuk mengurangi kebutuhan suhu yang tinggi ini dapat dikurangi melalui katalisator penyerapan dan karbon aktif adalah juga bisa diterapkan dengan melewatkan udara ke dalam hamparan atau lapisan. Gas yang berkontak dengannya akan diserap sehingga bau akan dapat dikurangi, begitu juga halnya dengan penyerapan melalui pasir dan tanah. Pemasukan oksigen ke dalam limbah cair adalah salah satu cara yang bisa diterapkan untuk menjaga proses terjadinya pengolahan secara an-aerob dapat dihindari sehingga gas yang ditimbulkan karena proses tersebut dapat dihindari. Penggunaan menara (tower) juga dapat dipergunakan untuk mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh adanya bau melalui proses pengenceran di udara terbuka karena udara dari cerobong tidak mencapai langsung ke daerah  permukiman, dengan demikian bau yang ada dapat dicegah.

2). Secara Kimiawi

Untuk menghilangkan gas yang berbau dapat juga dilakukan dengan cara melewatkan gas pada cairan basa seperti kalsium dan sodium hidroksida. Apabila kadar karbondioksidanya  tinggi maka biaya pengolahannya juga menjadi sangat tinggi,sehingga biaya ini merupakan salah satu penghambat yang besar. Dengan melakukan oksidasi pada pengolahan air limbah merupakan cara yang baik agar bau klorin dan ozon dapat dihindari. Adapun bahan yang dipergunakan sebagai bahan oksidator adalah Hidrogen peroksida. Pengendapan dengan bahan kimia membuat terjadinya endapan dari Sulfida dengan garam metal khususnya besi.

3). Secara Biologi

Air limbah dilewatkan melalui penyaringan (Trickling  filter) atau dimasukan kedalam tangki lumpur aktif untuk menghilangkan komponen yang berbau. Penggunaan menara        khusus dapat dipergunakan untuk menangkap bau. Adapun jenis  menara itu diisi dengan media plastik yang bervariasi sebagai tempat tumbuhnya bakteri.

 

Air limbah dengan kandungan bahan pencemar gas karbondioksida yang agresif dapat  mempercepat proses terjadinya karat pada benda yang terbuat dari besi serta bahan dari logam lainnya. Selain karbondioksida agresif, juga kadar pH rendah atau bersifat asam maupun pH tinggi dapat mengakibatkan timbulnya kerusakan pada benda – benda yang dilaluinya

Incoming search terms:

  • pencemaran bau
  • cara menghilangkan bau limbah tahu
  • cara mengurangi bau limbah
  • cara menghilangkan bau limbah cair
  • penyebab limbah berbau

2 Responses to Pencemaran Bau Pada Air Limbah

  • Eddy Wintardi says:

    Saya mohon di bantu, saya punya kesulitan untuk masalah yang saya hadapi di perusaahaan tempat saya bekerja, dimana kami sebelum melakukan re-tester tabung gas, kami harus mengeluarkan isi gas yang masih tersisa di dalam tabung. Untuk itu tentunya kami melepaskan di udara bebas begitu saja. Untuk antisipasi bau terhadap lingkungan/ pemukiman penduduk dan tidak tercemar bau gas nya, apakah bapak/ Ibu ada cara solusi nya yang terbaik untuk menghilang kan bau gas yang saya maksud kan diatas dan yang paling utama tidak mengganggu lingkungan sekitar pabrik kami.
    Atas perhatian dan saran mungkin ada metode apa yang akan di berikan ke pada kami, kami tunggu masukkan nya. Terima kasih

    Salam,
    Eddy Wintardi

  • Jual produk untuk pengolah limbah cair/padat bernama “wastebact”, 1 liter = Rp. 40.000. untuk lebih lengkapnya : wastebact.wordpress.com. Hub : 08122633979 (Bu Ratri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop Diets

Weight Loss Diet

Blogroll

Recent Posts

About Me

Image and video hosting by TinyPic

    Secara garis besar blog yang sedang anda baca ini berisi beberapa katagori :

    INSPEKSI SANITASI Antara lain berisi checklist indikator dan parameter untuk mengukur dan menilai aspek sanitasi pada berbagai jenis sarana sanitasi.

    SANITARIAN GUIDE Berisi antara lain petunjuk teknis dan berbagai literature yang mendukung tugas dan fungsi Sanitarian maupun Public Health.

  • PUBLIC HEALTH INFO
  • Berisi berbagai informasi public health yang up to date.

  • INFO DIET
  • Berisi informasi diet dan tips hidup sehat lainnya.

    Best Regards

    MUNIF ARIFIN

    Dinkes Kab. Lumajang
    Email : munif.arifin@gmail.com