Seri Teknologi Sanitasi

Teknologi tepat guna snei pipa.

Rekan sanitarian pasti sudah paham terkait dunia perpipaan. Kita masih ingat, salah satu kurikulum dasar Sanitarian, disamping hyperkes, laboratorium air dan makanan, fogging, ilmu ukur tanah, entomologi, PPLF, juga pelajaran penyediaan air bersih.

Snei Pipa

Terkait penyediaan air bersih kita tentu masih ingat – walaupun dunia kerja kita jarang mengaplikasikan itu – adalah praktek snei pipa. Kita masih ingat praktek snei terkait erat dengan sistem pengeboran hydradrill, getting, dan lain-lain.

Saat monev tingkat kemajuan marketing sanitasi dan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), kebetulan saya menemukan salah satu Unit pengelola Sarana Air Bersih di Kecamatan Tempursari sedang melakukan “upgrade’ sistem pelayanan air bersih pada konsumen dan anggota mereka. Upgrade dilakukan dengan pemasangan dan instalasi meter air pada rumah pelanggan. Salah satu tahap instalasi ini dilakukan dengan me-nyenei pipa – dengan membuat drat pada pipa – untuk disambungkan dengan meter air.

Proses snei ini saya anggap cukup inovatif dengan menggunakan peralatan sederhana namun efektif. Detail proses snei sebagaimana video berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shop Diets

Weight Loss Diet

Blogroll

Recent Posts

About Me

Image and video hosting by TinyPic

    Secara garis besar blog yang sedang anda baca ini berisi beberapa katagori :

    INSPEKSI SANITASI Antara lain berisi checklist indikator dan parameter untuk mengukur dan menilai aspek sanitasi pada berbagai jenis sarana sanitasi.

    SANITARIAN GUIDE Berisi antara lain petunjuk teknis dan berbagai literature yang mendukung tugas dan fungsi Sanitarian maupun Public Health.

  • PUBLIC HEALTH INFO
  • Berisi berbagai informasi public health yang up to date.

  • INFO DIET
  • Berisi informasi diet dan tips hidup sehat lainnya.

    Best Regards

    MUNIF ARIFIN

    Dinkes Kab. Lumajang
    Email : munif.arifin@gmail.com